Rabu, 28 Maret 2018

Oleh Oleh Khas Palu yang Harus Dibeli




Palu adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Provinsi ini sudah terkenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya terutama lautnya yang sangat eksotis. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Palu hanya untuk berlibur saja.Tentu saja, ketika berkunjung kesini tidak lupa, pulangnya harus membeli oleh oleh khas palu sebagai tanda mata kerabat di rumah atau saudara-saudara di kota kita berasal.Untuk itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi oleh oleh khas palu. Agar anda bisa memilih salah satunya ataupun semuanya untuk dijadikan tanda mata. Berikut adalah oleh oleh khas kota palu yang harus bisa kamu beli.:

 1. Kopi Jahe Special, Kopi Asli Sulawesi Tengah.Oleh-oleh pertama yang wajib dibeli adalah kopi Khas sulawesi tengah. mengapa Kopi ?? setiap daerah di indonesia memiliki tanaman kopi. hanya saja untuk Kopi khas dari sulawesi tengah ini berbeda dgn kopi dari daerah lain.  karena biji kopinya tumbuh didataran lembah sulawesi tengah, daerah yang bertepatan dgn garis katulistiwa akan tetapi menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik. karena itu salah satu UKM yang pertama membuat Minuman kopi Jahe sejak tahun 1991 adaha Ud. Bintang surayyah. kopi yang bercampur jahe merah pilihan terbaik yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, rasa dan aroma special beda dari kopi pada umumnya. dan untuk kopi Robusta special Blend yang bercampur dgn biji kopi Arabica yang kualitas terbaik dan menghasilkan rasan kopi dan aroma yang khas dari kopi sulawesi tengah.


















2.  bawang goreng Khas Palu.
Kenapa bawang goreng?? terdengar hal biasa namun memiliki ciri khas yang berbeda.Tentu saja ini berbeda, bawang goreng khas palu sangat berbeda dari bawang goreng pada umumnya.
Bawang goreng khas kota palu memiliki rasa yang berbeda. Selain rasanya yang gurih, renyah, harum dan sedaaaaapp, bawang goreng khas palu memiliki aroma yang berbeda, yang membuat orang yang mencium harumnya tergiur untuk menyantapnya, sangat nikmat juga jadi bawang goreng ini cemilan  dan menjadi pelengkap makananmu.
 






















 3. Sarung Donggala / Batik Bomba
Oleh-oleh yang selanjutnya adalah sarung donggala. Sarung donggala adalah kain khas palu, sarung yang dibuat asli dari kabupaten donggala yang ada di kota palu dan merupakan salah satu kerajinan tenun tradisional. Uniknya, sarung ini biasanya dibuat oleh para wanita asli warga donggala. Nusantara indonesia terkenal dengan keanekaragaman jenis kain-kainnya disetiap daerahnya. Termasuk di kota palu, punya sarung donggala / batik bomba motif kain yang ada di kota ini sangat menarik perhatian dan memiliki ciri khas tersendiri. Kamu bisa membeli kain asli asal palu, dan bisa menjadikannya sebagai oleh oleh khas palu .




4. Kerajinan Kayu Hitam / kayu Ebony
Oleh oleh khas palu yang berikutnya adalah kerajinan kayu hitam. Kerajinan dari kayu hitam ini sudah menjadi khas palu. Bentuknya dan jenisnya yang beragam menjadikan kerajinan ini diminati banyak orang, mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara banyak yang membelinya untuk dijadikan tanda mata khas palu.

 5. Cokelat Sulteng
sulawesi tengah termasuk daerah penghasil kakao terbesar di Pulau Sulawesi dengn luas saat ini sekitar 200 ribu hektare dan produksi mencapai 150 ribu ton per tahun.
Meskipun memiliki luas dan produksi kakao cukup besar dibandingkan daerah lainnya di Sulawesi, namun hasil panen masih belum banyak memberikan nilai tambah bagi petani maupun pendapatan asli daerah karena masih semuanya diekspor dan diantarpulau dalam bentuk mentah.
Bagi orang awam, cokelat apapun sama saja. Namun sebenarnya cokelat ada dua jenis, yakni couverture dan compound. Karena bahan pembuatnya berbeda, karakteristik dan cara memperlakukan juga berbeda.

Selain 5 yang disebuat diatas, masih banyak lagi hasil olahan produk pangan unggulan khas kota palu yang wajib kamu bawa, banyak macamnya tersedia semua di
toko oleh-oleh Bintang Surayyah
jl. jaelangkara no.6. (samping mesjid agung) palu barat. sulawesi tengah.
081341399939, 081341396296




Demikianlah beberapa oleh oleh khas palu yang yang bisa kamu beli . Kamu bisa memilih salah satunya untuk dijadikan oleh oleh kepada teman, kerabat, keluarga atau bisa juga untuk rekan bisnis. Pastikan kamu membeli oleh oleh yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KATALOG PRODUK ANEKA KOPI